Tips sebelum tidur

Mau tidur? Jangan dulu! 
Ada baiknya luangkan waktu sejenak untuk membaca tips sebelum tidur berikut ini, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasululullah SAW.


1. Merenung 
Merenung disini maksudnya kita mengevaluasi hal-hal yang kita lakukan sejak bangun sampai hendak  tidur (muhasabah). Apakah seharian ini kita banyak berbuat kebaikan, berbuat yang sia-sia atau mungkin terlalu banyak melakukan kesalahan/dosa?. 

Sambil beristigfar, niatkan dan rencankanlah hari esok yang lebih baik.
Sebagaimana Firman Allah SWT dalam Surat Al-Hasyr : 18)
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allâh dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah (Al-Hasyr:18)

Umar bin Khattab Radhiyallahu anhu juga pernah berkata,

“Hisablah diri kalian sebelum dihisab, dan timbanglah amal kalian sebelum ditimbang (oleh Allâh) ….”.

2. Tidur diawal Malam Setelah Isya dan Bangun Sebelum Waktu Subuh
“Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat isya dan berbincang-bincang setelahnya (setelah shalat Isya’).” (HRAl-Bukhari dan Muslim)


3. Berwudhu Sebelum Tidur
“Jika engkau hendak menuju ke tempat pembaringan, maka berwudhu’lah sebagaimana engkau berwudhu’ untuk shalat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

4. Kibaskan dan bersihkan Sprai/Tikar (Tempat Tidur)
“Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan ‘bismillah’, karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (HR. Al Bukhari No. 6320, Muslim No. 2714, At-Tirmidzi No. 3401 dan Abu Dawud No. 5050).



5. Tutup Pintu Kamar, jendela, lemari dan Tempat makanan Serta Matikan Lampu Sebelum Tidur 

"Matikanlah lampu-lampu diwaktu malam jika kalian hendak tidur, dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Tidak Boleh Tidur Telanjang
“Tidak diperbolehkan tidur hanya dengan memakai selimut, tanpa memakai busana apa-apa”. (HR. Muslim).

7. Sesama Jenis Kelamin, Dilarang Tidur Satu Selimut
“Tidak diperbolehkan bagi laki-laki tidur berdua (begitu juga wanita) dalam satu selimut”. (HR. Muslim).

8. Jangan tidur di atas dak terbuka
Dari `Ali bin Syaiban disebutkan bahwasanya Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam telah bersabda : Barangsiapa yang tidur malam di atas atap rumah yang tidak ada penutupnya, maka hilanglah jaminan darinya. (HR. Al-Bukhari di dalam al-Adab al-Mufrad, dan dinilai shahih oleh Al-Albani).



9. Jangan Tidur Tengkurap





















Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam melihat seorang Laki-laki muslim tidur tengkurap, kemudian beliau bersabda,
“Ini adalah cara tidur yang tidak disukai oleh Allah. (HR. AT-Tirmidzi )




10. Berbaringlah Kekanan/Menghadap Kiblat
“Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim). 
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR. Abu Dawud no. 5045, At Tirmidzi No. 3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350).



11. Bacalah Surat Al-Ikhlas, Al-falaq, An-Nas, Ayat Qursi, dua ayat terakhir Al-Baqarah, berdzikir dan Terakhir Bacalah Doa Sebelum Tidur



12. zzzzzzZZZ (Mimpi indah)


Nah, itulah Tips Sebelum Tidur yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Mungkin masih banyak hal-hal yang dilakukan rasulullah sebelum tidur, jika teman-teman mengetahuinya silahkan komen dibawah.

Terimakasih ^_^ 

Belum ada Komentar untuk "Tips sebelum tidur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel